Jika Anda ingin membeli salah satu CPU gaming terbaik, Anda mungkin sudah tahu bahwa ia memerlukan pendingin CPU agar tetap berjalan pada suhu yang baik.

Anda mungkin juga tahu bahwa Anda harus meletakkan pasta termal di antara CPU dan pendinginnya untuk membantu perpindahan panas.

Tetapi sebagian besar CPU tidak dilengkapi dengan pasta termal—sebenarnya, sebagian besar tidak dilengkapi dengan pendingin sama sekali akhir-akhir ini—jadi akan sangat berguna jika Anda memiliki pasta sendiri. Dan meskipun perbedaannya tidak terlalu besar, pasta termal aftermarket dapat memberi Anda suhu yang sedikit lebih baik daripada pasta biasa.

Jadi, sayangnya, jawaban apakah CPU dilengkapi dengan pasta termal bukanlah jawaban sederhana ‘ya’ atau ‘tidak’. Itu tergantung pada CPU, dan bahkan jika tempel disertakan dengan CPU, Anda mungkin lebih suka menggunakan milik Anda sendiri.

Apa itu Pasta Termal?

Pendingin CPU bekerja dengan memungkinkan panas berpindah dengan mudah dari CPU ke sistem pendinginnya, yang sering kali dilengkapi heatsink dengan banyak sirip untuk membantu menghilangkan panas pada area permukaan yang luas, dan kipas untuk meniupkan udara ke sirip ini.

Untuk mendinginkan CPU secara efektif, perlu ada perpindahan panas yang mudah antara CPU dan sistem pendingin. Tutup CPU adalah Integrated Heat Spreader (IHS), dan CPU mentransfer panas melalui IHS ini ke pelat dasar pendingin CPU.

Namun, mengingat tidak ada tutup CPU atau pelat dasar pendingin yang benar-benar mulus, untuk memastikan tidak ada celah kecil di antara keduanya, pasta termal ditambahkan untuk menghilangkan celah ini dan meningkatkan konduktivitas panas di antara kedua permukaan.

Apakah Pasta Termal Diperlukan?

Meskipun mungkin tampak tidak terlalu penting pada pandangan pertama, pasta termal diperlukan untuk menjaga CPU Anda tetap dingin.

CPU pada dasarnya adalah komputer mini ia melakukan semua operasi dan perhitungan utama yang diperintahkan oleh program. Secara alami, semua pekerjaan ini menghasilkan banyak panas, dan pendingin CPU hampir selalu diperlukan untuk menjaganya tetap berjalan pada suhu yang aman. (Faktanya, PC Anda kemungkinan tidak akan bisa boot tanpa kipas pendingin CPU yang dicolokkan ke header CPU_FAN motherboard Anda).

Thermal paste sangat penting untuk menjaga CPU Anda pada suhu rendah. Seperti yang telah kami katakan, tidak ada tutup CPU atau pelat dasar pendingin yang benar-benar mulus, yang berarti akan selalu ada celah kecil di antara kedua permukaan ini.

Ini mungkin tidak terdengar seperti masalah besar, tapi memang begitu. Celah ini dapat mencegah konduktivitas panas dan menyebabkan suhu CPU Anda meroket—jika Anda pernah lupa mengoleskan pasta termal sebelum boot, Anda pasti sudah mengetahuinya.

Thermal paste semuanya menghilangkan celah ini dan memberikan konduktivitas yang sangat baik, sehingga diperlukan untuk CPU dan pengaturan yang lebih dingin—kecuali jika Anda melakukan sesuatu yang ekstrem, seperti mendinginkan CPU dengan nitrogen cair. Dan kabar baiknya adalah, perbedaan antara sebagian besar solusi pasta termal tidak terlalu besar, artinya Anda tidak perlu membeli senyawa pasta termal terbaik untuk menjaga CPU Anda pada suhu yang aman.

Apakah CPU dilengkapi dengan Thermal Paste?

Tidak ada CPU yang dilengkapi dengan pasta termal di atasnya, tetapi pendingin stok yang disertakan mungkin, jadi jika CPU dilengkapi dengan pendingin stok, Anda tidak perlu menerapkan pasta termal Anda sendiri.

Sebagian besar pendingin stok dilengkapi dengan lapisan pasta termal pra-aplikasi pada pelat dasarnya, dan ini biasanya cukup untuk konduktivitas panas yang baik antara CPU dan pendingin.

Apakah CPU Intel dilengkapi dengan Thermal Paste?

Apakah CPU Intel dilengkapi dengan pasta termal tergantung pada apakah ia dilengkapi dengan pendingin stok.

Dari generasi CPU ‘Alder Lake’ Intel saat ini, CPU yang kemungkinan besar akan dibeli oleh para gamer tidak dilengkapi dengan pendingin stok, yang berarti mereka juga tidak dilengkapi dengan pasta termal. CPU ini adalah yang ‘tidak terkunci’ yang memiliki ‘K’ di pengenal SKU mereka, seperti Core i5-12600K, Core i7-12700K, dan Core i9-12900K.

Namun, CPU 65W Intel yang lebih baru, yang tidak memiliki penanda ‘K’, hadir dengan pendingin ‘Laminar’, dan pendingin ini dilengkapi dengan pasta termal yang sudah diterapkan ke pelat dasarnya. CPU ini ‘terkunci’, yang berarti mereka tidak dapat di-overclock atau diutak-atik di BIOS.

Dan meskipun pendingin CPU stok terbaru Intel tidak buruk, mereka juga tidak luar biasa. Pendingin aftermarket apa pun yang layak akan memberi Anda suhu CPU yang jauh lebih baik saat di bawah beban.

Apakah CPU AMD dilengkapi dengan Thermal Paste?

Sama seperti Intel, apakah CPU AMD dilengkapi dengan pasta termal tergantung pada apakah ia dilengkapi dengan pendingin stok.

Sementara Intel memiliki seluruh jajaran CPU 65W yang dibundel dengan pendingin stok, hanya dua CPU ‘Zen 3’ terbaru AMD yang dibundel dengan satu, ini adalah Ryzen 5 5600X dan 5600G (yang terakhir adalah CPU yang lebih lambat tetapi memiliki grafis terintegrasi).

Ini datang dengan pendingin Wraith Stealth AMD, yang memiliki pasta termal yang telah diterapkan sebelumnya ke pelat dasarnya.

Sama seperti Intel, pendingin aftermarket apa pun yang layak harus lebih baik dalam menjaga CPU Anda tetap dingin daripada pendingin stok, untuk informasi lain lebih lengkapnya di trestleontenth.

Stok Pasta Termal vs Aftermarket

Baik Anda menggunakan pendingin stok atau pendingin aftermarket yang dilengkapi dengan pasta termal yang sudah diaplikasikan sebelumnya, Anda mungkin bertanya-tanya apakah layak untuk mengikis pasta itu dan menerapkannya sendiri. Jawabannya mungkin tidak. Sebagian besar solusi pasta termal pra-aplikasi harus bekerja hampir sama baiknya dengan pasta termal aftermarket, asalkan telah diterapkan dengan benar.

Jika Anda ingin memaksimalkan pengurangan panas pendingin Anda, maka pasta aftermarket tingkat atas seperti Thermal Grizzy Kryonaut mungkin menurunkan suhu beban Anda beberapa derajat. Tetapi untuk penggunaan umum, senyawa pasta termal apa pun yang dikenal harus melakukan pekerjaan yang luar biasa jika diterapkan dengan benar.

Anda masih harus memiliki pasta sendiri, karena tidak ada yang lebih buruk daripada secara tidak sengaja menggores pasta termal pendingin Anda dan menyadari bahwa Anda tidak memilikinya untuk menggantikannya. Pasta stok seharusnya baik-baik saja, tetapi ada baiknya memiliki cadangan yang berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *