Masuk Polisi Tak Bayar, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjamin masuk polisi tidak bayar. Sigit meminta, penduduk melapor kalau ada yang meminta bayaran pas mendaftar jadi bagian Polisi.

Menurut Sigit, kemampuan dan prestasi adalah perihal nomor satu untuk jadi seorang aparat penegak hukum.

“Waduh yang ngomong (harus bayar) bohong itu. Jadi saya pastikan masuk polisi tidak ada yang bayar,” kata Jenderal Sigit.

Kapolri menegaskan bakal menindak kalau ada oknum yang jalankan pungutan cost dalam proses rekruitmen penerimaan personel Polri.

BACA JUGA: tips seleksi polri
Potret Lawas Ibu Kombes Cantik Heni Tania pas Pengantin, Resepsi Modal Rp10 Juta
Haru, Polisi Belikan Sepatu Baru Buat Anak SMK Ini Karena Jebol
“Nanti kalau ada informasi seperti itu sanggup dilaporkan ke Propam, nanti kita proses. Itu oknum. Yang memahami untuk masuk polisi sepenuhnya gratis, yang penting miliki kemampuan, miliki prestasi,” kata Sigit.

Catatan merdeka.com, untuk mendaftar sebagai bagian polisi pas ini jauh lebih mudah. Bisa dilaksanakan bersama dengan langkah online. Hal ini dilaksanakan kegunaan menjauhkan tindak penipuan. Calon bagian sebaiknya daftar secara online lewat web Penerimaanpolri.go.id.

Dalam web itu, calon pendaftar bakal diarahkan kemana dambakan mendaftar. Apakah jadi tamtama, bintara atau perwira. Bahkan, web ini tak cuma untuk para calon bagian polisi. Tapi bagian Polri aktif yang hendak sekolah kembali sanggup mendaftar di sini bimbel akpol akmil bekasi .

Bintara dan Perwira
Nantinya, calon bagian berasal dari jalur bintara dan tamtama bakal jalankan pendidikan sepanjang 5 bulan. Tempat pendidikan untuk Bintara PTU dan Bakomsus bakal digelar di SPN Polda. Sementara untuk Bintara Polwan di Sepolwan. Lulus pendidikan, mereka sanggup pangkat Brigadir Dua atau Bripda.

BACA JUGA:
Mengenal Polwan Pertama Berpangkat Jenderal, Pernah Menjadi Penasihat Ahli Kapolri
BSSN dan Cyber Bareskrim Polri Buru Hacker Bjorka Penebar Data Pribadi di Indonesia
Bagi calon taruna akpol, mereka bakal menempuh pendidikan sepanjang 4 th. di Lemdiklat Polri Semarang, Jawa Tengah. Setelah lulus, segera beroleh pangkat Inspektur Dua dengan sebutan lain (Ipda).

Menurut Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Penerimaan Calon Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, berikut syarat yang kudu dipenuhi oleh calon bagian polri.

Syarat Lengkapnya
Dalam BAB II tentang Jenis, Persyaratan, dan Penerimaan Pasal 8 berbunyi:

(1) Dalam Penerimaan Calon Anggota Polri, minimal memenuhi persyaratan:

BACA JUGA:
Potret Kapolsek Ratakan pas Belia, Berpangkat Sersan Disebut Mirip Artis
Giliran Brigadir FF Disidang Pelanggaran Etik Terkait Pembunuhan Brigadir J
a. Warga Negara Indonesia;

b. beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

c. setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

d. berpendidikan paling rendah Sekolah Menengah Umum atau yang sederajat;

BACA JUGA:
Pemobil Ngaku Polisi Halangi Jalan Malah Nyolot Ditegur, Tangan Kanan Jokowi Bereaksi
Bergabung bersama dengan Tim Khusus, Siber Polri Ikut Selidiki Peretasan Hacker Bjorka
e. berumur paling rendah 18 (delapan belas) th. pada pas diangkat jadi bagian Polri;

f. sehat jasmani dan rohani;

g. tidak pernah dipidana dan/atau tidak tengah meniti proses pemeriksaan dikarenakan jalankan suatu kejahatan; dan

h. berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.

BACA JUGA:
Gaya Dua Jenderal TNI dan Polri Kompak Kawal Demo di Ibu Kota
Ini Jumlah Kekuatan Polri Amankan KTT G20 di Bali
(2) Selain beberapa syarat sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dalam penerimaan bagian Polri sanggup disempurnakan beberapa syarat lain cocok kebutuhan yang ditetapkan bersama dengan Keputusan Kapolri.

Dalam BAB II tentang Jenis, Persyaratan, dan Penerimaan Pasal 9 berbunyi:

(1) Penerimaan Calon Anggota Polri dilaksanakan lewat jalur:
a. umum;
b. talent scouting; dan
c. beasiswa Polri.

(2) Jalur umum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a, merupakan Penerimaan Calon Anggota Polri yang berasal berasal dari lulusan paling rendah Sekolah Menengah Umum/sederajat yang secara sukarela mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi penerimaan jadi bagian Polri.

(3) Jalur talent scouting sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b, merupakan Penerimaan Calon Anggota Polri bersama dengan memprioritaskan bakat, minat, dan potensi yang diperlukan oleh Polri.

(4) Jalur beasiswa Polri sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c, merupakan Penerimaan Calon Anggota Polri yang bersumber berasal dari lulusan serendah-rendahnya Sekolah Menengah Umum/sederajat bersama dengan beasiswa Polri.

Cara mendaftar:

1. Pendaftar terhubung web penerimaan bagian Polri bersama dengan alamat web penerimaan.polri.go.id; pendaftar memilih type seleksi BINTARA PTU pada halaman utama web (apabila peserta mengalami kesulitan sanggup dibantu oleh panitia Polda setempat sebagai Panda);

2. Mengisi form registrasi yang berkenaan bersama dengan identitas pendaftar, memasukkan NIK yang sudah terdaftar di Disdukcapil, identitas orang tua dan keterangan lain cocok format dalam website;

3. Pendaftar kudu memberikan information yang benar dan akurat pada form registrasi online, mengecek bersama dengan teliti information yang dimasukkan dalam form registrasi;

4. Setelah berhasil isikan form registrasi online seterusnya pendaftar bakal beroleh nomor registrasi online beserta username dan password, yang seterusnya digunakan untuk jalankan login menuju halaman dashboard pendaftar (berisi fitur untuk mengecek informasi perkembangan tahapan seleksi dan nilai seluruh tahapan seleksi yang diikuti oleh pendaftar);

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *